Jumat, 13 Mei 2011

Penyakit Megalomania 

 Arti megalomania
         dalam wikipedia, kata megalomania berasal dari bahasa yunani, yaitu megalo yang artinya sangat besar, hebat, atau berlebih-lebihan , an mania artinya terobsesi pada sesuatu secara berlebihan. jadi kalo gitu megalomania dapat diartikan sebagai bentuk untuk obsesi berlebihan terhadap dirinya sendiri karena menganggap diinya paling besar dan berkuasa. dalam ilmu psikologi, megalomania termasuk salah satu bentuk gangguan kepribadian manusia, penderitanya memiliki suatu kecenderungan menghargai dirinya dengan berlebihan dan melampaui batas.
ciri-ciri megalomania adalah :
1. tidak mau menerima keritik 
2. selalu ingin dihargai
3. selalu ingin jadi ketua 
4. mencari pendukung
5. merasa orang lain engga punya kemampuan

Megalomania dalam cerita :
 ADOLF HITLER
banyak ahli mengakatakan bahwa adolf hitler adalah orang yang termasuk menderita megalomania, menjadi pemimpin di militer jerman enggak memuaskan dirinya, dan ia mencoba menjadikan jerman ini sebagfai lord of the earth, untuk mencapi kejayaannya hitler yang saat itu menjadi pemimpin jerman membunuh hampir 20 juta orang, dia juga enggak segan-segan utnuk membunuh orang yang berani menentang pendapatnya.

HUGO CHAVEZ


presiden vnezuela hugo chavez di duga sebagai penderita megalomania. beliau dibgeritakan sangat gila dengan kekuasaan. cita-citanya untuk menjadi presiden seumur hidup gagal kartana undang-undang di venezuela tidak memperbolehkan seorang presiden menjabat lebih dari dua kali. cita-cita lain chavez yang menunjukkan bahwa dirinya adalh megalomania adlah keinginan untuk mengontrol bank sentral, menguasai pers, dan menguasai rakyat yang saat ini menolaknya mentah-mentah.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar